Menambahkan aplikasi startup pada semua user di ubuntu


Ubuntu/Linux merupakan sistem operasi yang mendukung banyak user sekaligus dalam satu komputer. Semua file dan konfigurasi dari setiap user tidak akan berpengaruh pada user yang lain. Termasuk ketika kita menambahkan startup application alias aplikasi yang dijalankan secara otomatis ketika user melakukan login. Terkadang, sebagai "admin", kita ingin menambahkan startup application untuk semua user. Ambillah contoh aplikasi Pidgin (aplikasi chatting), sebenarnya bisa saja kita menambahkan aplikasi tersebut satu per satu ke setiap user yang "terdaftar" di komputer, tapi hal ini sangat merepotkan. Nah, pada kesempatan kali ini saya ingin memberi trik bagaimana menambahkan startup application untuk semua user.

Trik ini sebenarnya sangat mudah, mari kita buktikan dengan Pidgin sebagai contohnya. Misal kita ingin Pidgin berjalan otomatis ketika user melakukan login ke akunnya masing-masing. Maka kalian harus mengetik perintah berikut di Terminal:

sudo cp /usr/share/applications/pidgin.desktop /etc/xdg/autostart

Tentu saja, kalian dapat mengganti "pidgin.desktop" dengan aplikasi yang kalian kehendaki.

Jika ingin "mengusir" Pidgin dari startup application, cukup ketik perintah berikut:

sudo rm /etc/xdg/autostart/pidgin.desktop



Menambahkan aplikasi startup pada semua user di ubuntu Menambahkan aplikasi startup pada semua user di ubuntu Reviewed by Aris Setyono on 3/18/2012 09:07:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Aris. Diberdayakan oleh Blogger.